Annisa Aprilia

Kentang Goreng Crispy…=p

by Annisa Aprilia on Jan.30, 2010, under Interest

Hmmm…pasti cukup banyak yang menyukai kentang goreng, terutama yang biasanya disajikan di restoran cepat saji.

Tetapi, setahu saya, kentang goreng yang biasanya kita pesan di restoran cepat saji ataupun yang tersedia di supermarket dalam bentuk ‘Instant’, mengandung bahan kimia yang dapat membuat kentang tersebut lebih renyah dan gurih. Sebenarnya saya pun tidak begitu mengetahui dampak yang disebabkan oleh bahan kimia tersebut, tetapi tidak ada salahnya jika kita mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung zat2 aditif. Selain itu harga-nya yang relatif mahal, padahal kentang merupakan karbohidrat yang baik terutama bagi penderita diabetes (dikukus atau dijadikan purkentang..=D…).

Berhubung saya sangat menyukai jenis makanan ini, dan anak saya yang masih balita pun turut menyukainya, maka saya pun mengeluarkan resep-resep lama ‘ala’ ibu, untuk membuat Kentang Goreng Crispy…

Cara mengolahnya sangat simpel dan sederhana, bahannya pun hanya terdiri dari kentang mentah, terigu lencana merah, dan air untuk merebus. Berikut tahapan-nya:

1.kentang dipotong persegi panjang, lalu dicuci sekitar 4 s/d 5 kali untuk menghilangkan getah kentang. Getah inilah yang membuat kentang cepat lembek setelah di goreng.

2. Setelah air cucian terlihat cukup bening, siapkan rebusan air. Rebus kentang yang telah dicuci, jangan terlalu lama kira2 cukup 1 menit.

3. Tiriskan kentang, selagi panas taburi tepung terigu dan perisa lain sesuai dengan selera. Jangan menambahkan tepung beras (walaupun tepung beras atau aci dapat membuat gorengan semakin renyah).

Taburi tepung selagi panas

4. Ratakan dengan cara diaduk perlahan agar tepung menyelimuti seluruh batangan kentang.

5. Simpan didalam kulkas selama 1 jam atau lebih sampai akan digoreng. Jangan di dalam freezer, kecuali jika ingin disimpan dalam waktu yang cukup lama ( 2minggu).

6.  Siapkan minyak panas yang masih baru, goreng kentang hingga seluruhnya terendam minyak. Minyak harus dalam keadaan benar2 panas.

7. Sajikan, dan siap disantap.

Selamat MENCOBA…!! ..;)

57 comments for this entry:

Trackbacks / Pingbacks

Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Visit our friends!

A few highly recommended friends...

Archives

All entries, chronologically...